Pages

Selasa, 03 Maret 2009

Pemilu 2009

Polemik Multy Partai

Sudah sekian tahun Indonesia menganut system multy parta. Tidak seperti dahulu hanya ada 3 partai yang menjadi dasar pemilihan, sekarang ini lebih dari 10 partai mencalonkan wakilnya untuk duduk di kursi DPR dan tidak sedikit pula yang mencalonkan menjadi presiden negeri ini. Tapi sebenranya apaka ini merupakan sebuah kemajuan dari segi politik atau bahkan sebaliknya?

Itu adalah pertanyaan besar yang sekarang ini menyelimuti bukan hanya kalangan kamum pemuja Soeharto saja, tapi juga anak muda yang secara tidak langsung menjadi poros utama kemajuan negri ini. Kita bandingkans aja perekonomian bangsa yang saat ini belum terlepas dari iflasi global. System politik sekarang ini yang terlalu banyak partai yang menbingungkan rakyat, tentang apa, siapa, tujuan ke depan, visi dan misi, sistematika kerja, sama sekali buta di mata masyarakat umum. Siapa yang tau? Hanya anggota-anggota fanatic merelah yang tau. Padahal partai ada untuk masyarakat. Tapi masyarakat sendiri tidak mengetahui partai seperti apa yang mereka pilih. Ya mungkin sekarang banyak iklan si televise, surat kabar bahkan internet. Tapi apa itu cukup yang ada di TV, surat kabar dan internet hanyalah sebuah tulisan yang bisa di putar balik, yang hanya bisa di baca. Tapi kami butuh lebih dari bahan bacaan.

Memang system sekarang lebih terbuka adan transparan. Tapi tetap saja itu metupan sebuah hal yang membingungkan bagi warga sipil lainnya. Karena tidak banyak orang yang mengerti tentang seluk –beluk sebuah partai.

0 komentar: